"Membangun masyarakat Desa Selanegara yang maju, sejahtera, dan berakhlakul karimah" - Silahkan kunjungi dan follow instagram kami di : pemdes_selanegarapurbalingga.

Artikel

SEJARAH DESA

04 Oktober 2021 13:46:56  Administrator  233 Kali Dibaca 

Selanegara, 04 Oktober 2021.

Desa Selanegara atau orang sering menyebut dengan Kesamen, berawal dari kisah cerita rakyat. Pada zaman dahulu di desa ini terdapat sebuah batu negara (dalam bahasa Jawa, batu berarti sela). Batu negara tersebut merupakan satu titik suatu negara.

Dahulu Desa Selanegara ini adalah tempat berkumpulnya para tentara Belanda yang mayoritas menetap di kedukuhan Sanggrahan. Di dusun ini yang terkenal sebagai Kesamen karena dahulunya ada sebuah sekolah tempat ujian atau dalam bahasa Belanda "Tentamen" untuk para tentara Belanda. Di sekolah ini kebanyakan yang bersekolah adalah orang-orang dari luar desa yang jarak tempuh ke sekolah jauh.

Sejarah Desa Selanegara ada dua. Pertama, arti Desa Selanegara yang memiliki arti Batu Negara. Sedangkan yang kedua, Kesamen adalah sebutan dari orang-orang desa tersebut untuk menamai sekolah tempat ujian atau tentamen para tentara Belanda. Dikatakan Kesamen karena kebanyakan orang-orang tidak bisa menyebut tentamen dengan bahasa Belanda , terbiasa menyebutnya dengan menggunakan bahasa Jawa yaitu Kesamen.

Kembali kepada arti Desa Selanegara yang konon katanya batu negara tersebut kini sudah tidak terlihat atau jarang ditemui dan terkadang hilang dari desa. Jika penasaran dengan batu ini bisa ditemui pada hari-hari tertentu atau hari yang dipercayai oleh masyarakat sekitar dan anehnya lagi dari batu negara itu adalah batu tersebut dapat mengeluarkan cahaya biru. jarang sekali masyarakat yang mengetahui keberadaan batu tersebut.

Lokasi tempat untuk menemukan sang batu negara tersebut terdapat di sekitar area persawahan sebelah timur SMP Negeri 1 Kaligondang sepanjang kedukuhan Sidarini, sementara sekolah atau tentamen yang dahulu digunakan sebagai tempat ujian ada di SD Negeri 1 Selanegara. SD Negeri 1 Selanegara termasuk salah satu sekolah peninggalan Belanda.

Sebutan Kesamen oleh masyarakat yang ingin berkunjung kesana "Ditanya mau kemana?", mereka menjawab mau ke tentamen yang artinya sebuah sekolah tempat ujian atau lidah mereka lebih mudah menyebut tentamen menjadi Kesamen. Pada dasarnya jika ada orang ingin berkunjung ke Kesamen maka mereka maksudkan adalah Desa Selanegara.

Dikutip dan diubah seperlunya dari : www.asaldansejarah45.com.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Selanegara, Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga
Desa : Selanegara
Kecamatan : Kaligondang
Kabupaten : Purbalingga
Kodepos : 53391
Telepon :
Email : selanegarapemdes@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:54
    Kemarin:142
    Total Pengunjung:35.703
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.16.1.1
    Browser:Mozilla 5.0